Cara Mudah Merawat Accu Etios Valco

Seperti yang sudah kita ketahui, accu merupakan salah satu komponen yang penting dalam mobil. Accu ini merupakan sebuah alat yang dapat menyimpan serta menjadi sumber energi listrik dan juga dalam bentuk energi kimia yang dibutuhkan oleh sebuah mobil.

Umumnya listrik yang bersumber didalam Accu berguna untuk memberi suplai listrik ke starter mobil anda. Ketika memulai menstarter mobil anda, maka komponen aki inilah yang berperan penting untuk menyuplai energi listrik agar mobil anda bisa menyala.

Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyuplai energi listrik ke sistem pengapian dalam mobil anda. Sistem pengapian merupakan sistem yang berperan pada saat mobil anda dijalankan, namun agar bisa berjalan sebagai mana mestinya tentunya membutuhkan dukungan aki tersebut.

Begitu banyak fungsi dari accu pada sebuah mobil, namun fungsinya akan menurun ketika kondisi accu tidak dalam kondisi yang prima. Untuk menjaga kondisi accu agar bisa tetap prima, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisinya. Tapi perawatan yang bisa dilakukan umumnya pada accu dengan jenis accu basah. Sedangkan accu kering biasanya tak membutuhkan perawatan.

Nah, agar kondisi accu basah tetap terjaga dan prima, kondisi air accu harus tetap terjaga agar sel yang berada didalam accu tetap terendam air accu. Untuk mengisi air accu pun harus hati hati. Berikut langkah langkahnya.

Buka Tutup Seal Aki

Pada saat anda akan mengisi air aki dalam mobil anda, pertama anda harus membuka tutup seal aki tersebut secara perlahan. Biasanya pada tutup aki tersebut, terdapat 6 sela yang harus anda buka satu persatu. Silahkan anda membuka ke enam seal tersebut dengan cara putar ke sebelah kiri hingga mentok dan seal tersebut berhasil di buka.

Cek Batas Air Aki

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan pengisian air aki tersebut pada mobil anda, maka sebaiknya anda cek terlebih dahulu seberapa banyak air aki yang anda butuhkan agar tidak terbuang sia – sia nantinya. Selain itu sobat, hal yang tidak kalah penting lainnya yang harus anda perhatikan adalah pastikan jenis air aki yang akan anda isi ke aki mobil anda adalah jensi air aki yang sama dengan sisaan yang terdapat dalam aki mobil tersebut.

Dan untuk cara yang lebih aman, sebaiknya anda membersihkan terlebih dahulu sisa air aki yang lama baru menambahkan air aki yang baru pada mobil anda. Hal ini juga berfungsi untuk membuat air aki anda awet dalam pemakaiannya.

Isi Air Aki

Pada saat anda akan mengisi air aki tersebut, sebelumnya siapkan terleih dahulu corong yang berukuran kira – kira masuk kedalam lubang sel aki tersebut, karena berfungsi untuk mencegah air aki tersebut tumpah pada saat proses pengisian. Tuanglah air aki tersebut sampai pada batas upper atau berada pada posisi full.

Pastikan Semua Lubang Seal Terisi Rata

Setelah anda selesai menambahkan air aki pada semua lubang seal aki mobil anda, maka pastikan semua lubang seal pada aki tersebut berisi rata dan sampai garis upper. Pastikan anda memeriksanya dengan baik.

Tutup Lobang Seal dengan Rapat

Setelah dipastikan semua sudah terisi sampai pada batas upper semua seal yang ada pada aki mobil anda tersebut, tutuplah kembali lubang aki atau seal tersebut sampai erat. Putar kembali ke posisi sebelah kanan ( pada saat buka putar sebelah kiri, sedangkan menutup kembali putar ke sebelah kanan ).

Setelah benar – benar tertutup, kini saatnya anda membersiahkan permukaan cover aki tersebut dengan menggunan lap yang bersih untuk memastikan tidak ada air aki yang tercecer di bagian atas aki mobil anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *