Brothers and Sisters para pengguna mobil ETIOS VALCO, pada kesempatan ini saya ingin share tips untuk perbaikan antena original Valco.

Antena ini terbuat dari plastik fiber yang didalam nya ada kawat tembaga sebagai penghantar sinyal untuk radio. Bentuk dari antena ini sendiri statis dan relatif panjang (seperti joran buat mancing.. hehe) tidak seperti antena pada mobil hatchback toyota pendahulunya yaitu Yaris yang relatif Pendek. Ada beberaapa faktor yang menyebabkan antena ini patah, seperti pengalaman saya karena kegulung sama cover mobil. Ada juga yang nyangkut ke ranting pohon akibat kita mundur.

Memang cara paling gampang adalah dengan dilem biru (dilempar beli yang baru. He..he) tetapi antena original ini harganya cukup lumayan. Banyak para pengguna etios valco yang mengganti antena ini dengan yang pendek tetapi jika anda yang ingin tetap menggunakan original maka saya akan berbagi bagaimana cara memperbaikinya.

Tahapan untuk perbaikan antena ini sebagai berikut:

1. Persiapkan alat-alat untuk memperbaiki antena diantaranya; tang (penjepit), power glue (Alteco), korek api gas, obeng kecil dan pisau.

1

2. Copot dudukan antena yang masih nempel di mobil untuk diperbaiki.

2

3. Panaskan dudukan antena tersebut kalau dilihat dari bentuknya yang seperti ulir baut agar bisa lepas dari plastik yang membungkusnya dengan cara ditarik oleh tang.

 

3
4. Setelah copot tahap selanjutnya adalah mengeluarkan patahan antena yang ada didalam. Cara mengeluarkan patahan ini relatif rumit karena fiber ini dipress. Untuk mengeluarkan patahan ini dapat dilakukan dengan cara membakarnya sampai hangus fibernya dan dikorek dengan obeng kecil (biasanya obeng untuk membuka baut handphone)

 

4

 

5. Tahap berikutnya adalah memperbaiki antena fibernya sebelum dimasukan kembali ke kedudukan antena. Potong antena kira-kira 1 cm tetapi harus disisakan kawat tembaga yang di dalamnya (jangan dipotong)

6. Selanjutnya masukan Plastik hitam yang membungkus dudukan antena ke fiber antena (hati-hati jangan sampai terbalik karena kalau terbalik akan repot lagi membongkarnya.

7. Oleskan lem power glue (alteco) ke fiber antena dan masukan fiber antena ke dudukan antena. Tekan dan diamkan beberapa saat

 

20140210_174756

 

8. Geser plastik penutup dudukan antena dan masukan ke dudukan antena dengan cara dipanasi dudukan antenanya dan ditekan.

9. Diamkan beberapa saat dan antena original etios valco sudah kembali seperti semula. Tinggal dipasangkan kembali.

Ada sedikit perubahan dari antena ini. Dimana antena akan berkurang panjangnya sekitar 6 cm. Tetapi bagi saya tidak apa-apa karena tidak merubah kualitas sinyal radio. Selain itu antena kita jadi tidak terlalu panjang.

Semoga bermanfaat !

By Yaman Suryaman #037