EXPLORE YOUR RIDE, begitu tema yang diusung dalam peluncuran resmi Toyota Etios Valco “Toms”. Sebuah generasi modifikasi minorchange dari PT. Toyota Astra Motor (TAM) di kelas Medium Hatchback yang diharapkan membuat ‘geger’ para pengguna city car di kelas 1200cc.

Berbeda dengan Toyota Etios Valco sebelumnya, “Toms” hadir dengan konsep desain berbeda tampak pada bodykit baru yg disematkan pada bagian bumper depan dan belakang sehingga tampil lebih Sporty tanpa menghilangkan kesan elegant dari unit terdahulu.

Dari penampakan yang telah dihadirkan, sisi aerodimanis dari bumper depan tetap dikedepankan dan sisi sporty di bagian belakang baik bumper dan tambahan spoiler menjadikan ‘Toms’ menjadi lebih gagah untuk melaju di jalan raya. Secara keseluruhan Toms sudah sangat indah untuk dipandang, namun ada beberapa bagian yang dapat dijadikan referensi untuk perubahan baik dilihat dari segi estetika, fungsi dan kenyamanan berkendara.

Kami dari Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI) selaku komunitas pengguna unit Toyota Etios Valco dipercaya untuk memberikan masukan ‘Toms’ yang telah hadir di tengah-tengah kita agar perubahan dapat benar-benar menjadi kelebihan bagi penggunanya dan referensi untuk masyarakat pada umumnya. Berikut kami paparkan sedikit mengenai modifikasi yang kami hadirkan.

EKSTERIOR.

Kelebihan yang terjadi pada ‘Toms’ di bagian bumper depan ternyata belum disematkan lampu kabut walaupun sudah tersedia dudukannya. Ini akan menambah fungsi penerangan pada sore hari. Masih dibagian lighting, trend yang sedang marak juga adanya penambahan lampu HID di lampu utama, atau dengan menambahkan angel eyes dan lampu fleksible mengikuti alur rumah lampu utama yang dapat menyala di siang hari menambah kesan elegant di bagian penerangan sebab kombinasi bagus pada edisi ‘Toms’ grille dengan desain chrome. Untuk lampu belakang atau lampu sinyal berhenti (stop lamp), akan lebih menarik perhatian dan kesan lebih terang jika lampu diganti dengan LED.

Pada bagian bumper belakang, penambahan bumper kit bagian bawah masih terasa belum menyatu dengan bumper yang ada, sehingga sangat terlihat hanya menambahkan (add on), untuk menutupi bagian tersebut bisa ditambahkan plastic seal terutama di daerah seputar dudukan plat nomor. Di sisi kanan kiri bumper belakang (daerah berwarna hitam) akan terkesan sporty jika tidak hanya lekukan saja tapi juga berlubang dengan ditutup plastic grille kecil sehingga selain memiliki fungsi aerodinamis namun juga lebih indah terlihat. Selain itu, bagi pecinta modifikasi di bagian gas buang, knalpot dan muffler dapat diganti dengan tabung yang lebih besar.

Di bagian penopang unit atau ‘kaki-kaki’ dan ‘sepatu’, dengan rongga besar di ruang ban tampaknya akan terlihat berbeda jika mengganti Velg dengan ukuran yang lebih besar, misalnya memakai Ring 17 dengan kombinasi ukuran ban di ukuran 205/40 atau 205/45. Mengenai style velg sepertinya sangat indah jika di pasang model FORGED (bukan type celong di bagian tepi atau bibir velg). Mengganti ‘Toms’ dengan velg besar belum pas jika di bagian Per dan Shock  tidak disesuaikan, oleh karena modifikasi velg berukuran lebar maka per perlu diganti dengan suspensi berukuran rendah sehingga kesan downforce menyatu dengan bodykit yang ada. Namun kembali lagi, modifikasi di bagian kaki-kaki harus mendapat perhatian dan ditangani oleh pihak yang berpengalaman atau ahli sebab jika hanya menampilkan keindahan tanpa mengukur tingkat kenyamanan akan menjadi sia-sia bahkan merusak dari unit itu sendiri.

INTERIOR

Pada bagian interior, sehubungan dengan tidak adanya perubahan signifikan dari edisi sebelumnya sehingga mungkin bisa lebih di eksplore lebih jauh. Panel-panel yang tersedia sudah tidak asing bagi pengguna Etios Valco, namun pada type E belum tersedia konsol pada bagian kemudi. Lalu dibagian mirror, kehadiran electric miror dan spion lipat (retrack) dapat menjadi referensi untuk kenyamanan pengemudi saat melewati jalan-jalan sempit/bersinggungan dengan kendaraan lain.

Karena ‘Toms’ sendiri kehadiran awalnya merupakan unit racing, maka tidak ada salahnya tetap mengangkat tema racing di Interior dengan memasukkan dan mengganti jok standar dengan jok racing ditambah pemberian warna-warna yang terang lebih menambah kesan mencolok.

Di Audio, untuk memanjakan telinga penumpang tidak ada salahnya melakukan upgrading unit audio. Mulai dari Head Unit, Power, Speaker, Sub Woofer, Tweeter, Kapasitor, hingga pembangunan Threeways pada pilar depan. Mengenai merk yang digunakan dari masing fungsi audio tadi disesuaikan dengan selera dan budget pengguna.

Kemudian berpindah keruang bagasi atau tempat menyimpan barang, dapat ditambahkan lampu agar pengguna dapat melihat isi dari bagasi pada malam hari.

KABIN MESIN

Diruang ini, disesuaikan penggunaan unit itu sendiri. Penggantian saringan udara dengan Penambahan open filter, pemasangan rollbar mesin, mengganti di bagian down pipe, serta menambah intercooler.

Writer : Indra Permana & Elmo Lagan