Banten-Kali ini Korwil Banten mendapat kesempatan mengadakan KOPDARGAB (Kopi Darat Gabungan) TEVCI kedua sesuai agenda tahun ini. Kopdargab diadakan pada tanggal 22 Mei 2016 di Pantai Batu Saung Cinangka Anyer. Mengambil tema “Memperkenalkan Kebudayaan Banten kepada Keluarga TEVCI” acara dimulai dari pukul 09.00 pagi dimulai dari Kantor Marketing Perumahan CITRA GARDEN BMW CILEGON yang berada di Cilegon yang dilanjutkan konvoi “Safety Riding”.

WhatsApp-Image-20160524

Pembukaan dan Ucapan terima kasih disampaikan oleh ketua panita pelaksana kepada Team Marketing Citra Garden BMW selaku Sponsor, dengan lokasi yang strategis yang berada didekat pintu tol Cilegon Timur, besar harapan dari Team Marketing agar kerjasama yang baik antara TEVCI dan Perumahan Citra Raya BMW dapat terjalin baik bukan hanya dari segi promosi tetapi juga kesempatan investasi.

IMG-20160524-WA0013

Tepat pukul 10.00 ketika peserta yang juga berasal dari Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Purwasuka dan Bandung telah lengkap hadir dititik kumpul (Tikum), konvoi dimulai mengambil jalur lingkar luar selatan kota Cilegon yang juga didokumentasikan oleh tim panitia untuk menambah meriah suasana. Walaupun tanpa dibantu oleh Pengawalan Patroli Polisi, kegiatan konvoi berjalan lancar dengan iring-iringan tertib berlalu lintas ditengah keramaian jalur menuju Anyer yang menjadi tempat Wisata Favorit.

IMG-20160524-WA0006

Selama hampir 2 jam, sekitar pukul 12.00 siang, akhirnya rombongan anggota Kopdargab tiba di Pantai Batu Saung. Dibuka dengan kata sambutan oleh Ketua Korwil Banten yaitu Om Januar #051, beliau menyampaikan bahwa pada acara kali ini, TEVCI Banten ingin memperkenalkan sesuatu yang beda yang belum pernah ditampilkan pada acara kopdargab sebelumnya yaitu pertunjukan budaya khususnya budaya Banten.”Kami selaku korwil Banten sangat menghargai Kebudayaan Banten oleh karena itu kami ingin memperkenalkan kebudayaan Banten kepada Keluarga Besar TEVCI”

IMG-20160524-WA0008 Kebudayaan Banten bukan hanya Debus saja yang selama ini kita dengar, masih banyak lagi seperti Angklung Buhun, Angklung Gubrag, Bendrong Lesung, Debus, Dogdog Lojor, Dzikir Saman, Kesenian Buaya Putih, Patung Bambu, Terbang Gede, Rampak Beduk dan lainya. Pada kesempatan kali ini, pertunjukan Debus Banten yang menjadi pilihan untuk dapat ditampilkan bukan hanya kepada anggota TEVCI yang hadir tetapi pengunjung sekitar yang juga sangat menikmati acara ini.

Kesenian Debus diawali dengan Pencak Silat dari bermacam perguruan dilanjut dengan tarian Rampak Debus dari Perguruan forum lintas padepokan yang menjadi juara pertama dalam Festival Golok Banten yang dilakukan minggu sebelumnya.

Didalam pertunjukkan tersebut, juga diisi oleh ketrampilan silat dari salah satu Anggota Tevci Chapter Banten yang cukup memukau penonton dengan diwakili oleh Om Raden Harisman #123. Sesuai tradisi pertunjukkan debus, pengunjung dipersilahkan memberikan saweran berupa uang yang bertujuan selain untuk menunjukkan rasa kagum atas ketrampilan yang dipentaskan juga untuk melestarikan budaya Debus yang melibatkan banyak pelaku seni. Dan sebagaimana ditunjukkan oleh Abah “Zakaria Hasan” dimana dalam melakukan saweran juga terdapat seni yang menarik untuk dilihat.

IMG-20160524-WA0023
Memasuki acara inti, yaitu pertunjukkan Debus, penonton dibuat takjub oleh ketrampilan pemain debus yang menampilkan pertunjukkan seni kebal yang apabila dilakukan tanpa persiapan dan doa, akan berakibat fatal. Dan sebagai penutup pertunjukkan, juga ditampilkan penyampaian cindera mata dan ucapan selamat dari Ketua Perguruan yaitu Mak Zaenal Arief atas terpilihnya Ketua Umum TEVCI periode 2016 – 2018 bapak Ogu Nasution.

IMG-20160524-WA0014

Jamuan yang sangat istimewa juga telah dipersiapkan oleh para anggota TEVCI Korwil Banten kepada para pemain seni juga termasuk tamu TEVCI yang berada diluar Banten, untuk dapat menikmati Ikan Bakar ala lesehan yang disantap beramai-ramai menambah kesan kehangatan dan kebersamaan antar sesama Anggota.