Musim penghujan merupakan lumrah terjadi dinegara beriklim tropis seperti Indonesia. Tapi tahukah anda selain mengakibatkan jalan licin ketika musim penghujan kita sebagai pengguna jalan juga harus waspada akan terjadinya aquaplane/hydroplane.

Aquaplane/hydroplane adalah kondisi dimana mobil waktu menginjak genangan air, kemudian tapak ban tidak menyentuh aspal lagi, tapi justru melayang di permukaan air yang menyebabkan underster atau kemudi tidak dapat dikendalikan.

Aquaplane sendiri terjadi karna beberapa faktor, diantaranya adalah:

1. Kecepatan kendaraan

Semakin tinggi kecepatan kita dalam mengendarai kendaraan maka semakin tipis penampang pijakan ban ke aspal. Begitupun jika kendaraan kita memijak genangan air. Penampang pijakan ban yang tipis karena dalam kecepatan tinggi ditambah genangan air membuat ban tidak berpijak sempurna ke aspal dan menyebabkan aquaplane.

2. Kondisi ban yang halus atau sudah aus

Kondisi ban yang sudah tipis atau aus juga bisa berpotensi mengakibatkan aquaplane, dikarnakan daya cengkram ban terhadap aspal tidak maksimal. Maka diperlukan pengecekan secara rutin kondisi ban anda. Masih layak pakai kah atau harus sudah waktunya diganti.

3. Hujan lebat dan banyak genangan

Selain hujan lebat, banyaknya genangan air setelah terjadi hujan juga berpotensi terjadi aquaplane pada kendaraan anda.

Untuk menghindari terjadinya aquaplane pada kendaraan anda, perhatikan tips berikut ini

  1. Kendalikan kecepatan ketika terjadi hujan maupun setelah hujan, kecepatan yang disarankan adalah 60km/jam.
  2. Cek secara berkala kondisi ban, baik kondisi fisik maupun tahun pembuatan ban. Jangan segan untuk mengganti ban dengan yang baru jika dirasa sudah tipis maupun sudah kedaluarsa (>5tahun).
  3. Hindari jalan-jalan yang terdapat genangan air
  4. Selalu waspada dan berdoa

Demikian tips singkat dari kami dimusim penghujan ini. Sayangi nyawa anda karna kecepatan bukan segalanya. Salam driving with manner.

2 thoughts on “Musim penghujan waspada aquaplane

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *